DEFINISI SISTEM OPERASI
Adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada
system computer dan menyediakan sekumpulan layanan(system calls) untuk
memudahkan pengguna serta pemanfaatan sumber daya sistem computer tersebut.
Adapun menurut ahli sbb
· Abraham Silberschatz, Galvin, Gagne (2003)
Sistem operasi adalah sebuah program yang
bekerja sebagai perantara antara client atau pengguna dengan hardware komputer.
·
Iim Rusyamsi
Sistem operasi merupakan perangkat lunak
yang mempunyai tugas untuk mengontrol perangkat keras dan juga operasi dasar
dari sistem lainnya termasuk dalam menjalankan program aplikasi.
·
M. Suyanto
Sistem operasi merupakan sebuah sistem
yang terdiri dari beberapa komponen software atau perangkat lunak yang
mempunyai fungsi untuk mengontrol semua kegiatan yang telah dilakukan oleh
komputer.
·
Fery Indayudha
Sistem yang diperlukan supaya komputer
bisa menjalankan seluruh aplikasi program maupun software yang ada di dalamnya.
·
Sunarto
Software yang dapat berkomunikasi langsung
dengan hardware.
·
Mc Leod
Program komputer yang berfungsi sebagai
pengendali sumber daya hardware serta software yang terdapat di dalam komputer.
·
Ali Zaki
Sistem operasi merupakan software atau
perangkat lunak yang mengoperasikan komputer.
·
Haer Talib
Program utama yang langsung berinteraksi
lewat bahasa yang dikenal oleh mesin komputer yakni bahasa komputer.
·
Zainal Abidin
Program pertama komputer yang ada di dalam
sebuah computer.
v FUNGSI SISTEM OPERASI
Berikut ini merupakan beberapa fungsi
sistem operasi, antara lain :
ü Resource manager merupakan pengelolaan sumber daya
sekaligus mengalokasikannya. Sebagai contoh: CPU, memori, disk drive serta
perangkat yang lainnya.
ü Coordinator, mengkoordinasi sekaligus
menyediakan fasilitas sehingga kegiatan yang kompleks bisa diatur serta dapat
diproses secara berurutan.
ü Interface atau tatap muka, merupakan
sebagai media perantara antara user dengan hardware atau perangkat keras yang
menyediakan tampilan terhadap user yang lebih mudah untuk dipahami serta
bersahabat.
ü Guardian, menyediakan akses kontrol serta
tugasnya untuk melindungi file sekaligus mengawasi data dan juga program.
ü Optimizer, merupakan penjadwal masukan
(input) yang dilakukan oleh user, proses komputasi pengaksesan basis data,
serta penggunannya.
ü Gate Keeper, berfungsi untuk mengendalikan hak
akses user dalam mengendalikan yang berhak untuk masuk ke dalam sistem serta
mengawasi apa saja yang akan dilakukannya.
ü Accountant, berfungsi untuk mengatur waktu
CPU, pemakaian memori, pemanggilan I/O, disk storage, serta waktu koneksi
terminal.
ü Server, berfungsi untuk melayani user
computer.
v SEJARAH SISTEM OPERASI
Menurut pendapat dari
Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang amat pesat serta dapat
dibagi menjadi empat generasi dan satu generasi lanjutan, antara lain ialah
sebagai berikut:
1. Generasi pertama (1945 – 1955).
Sistem operasi pada generasi pertama adalah awal mula dari perkembangan
sistem komputasi elektronik yang digunakan sebagai pengganti dari sistem
komputasi mekanik.
Sistem yang ada di komputer dilakukan
secara manual karena belum terdapat sistem operasi secara otomatis. Hal itu
berarti OS belum mendukung layanan pekerjaan yang bisa dikerjakan pada 1
rangkaian.
2. Generasi ke-dua (1955 – 1965).
Pada generasi ke-dua sistem komputer
telah memperkenalkan yang namanya BPS (batch processing sistem) yakni task yang
dikerjakan pada satu rangkaian, kemudian akan dieksekusi secara berurutan.
Meski sistem komputer belum dilengkapi
dengan adanya sistem operasi, namun ada beberapa fungsi sistem operasi yang
sudah ada.
3. Generasi ke-tiga (1965 – 1960).
Di generasi ketiga perkembangan sistem
operasi sudah berkembang untuk melayani banyak pengguna dalam satu waktu.
Yang mana pengguna atau user bisa
berkomunikasi melalui terminal secara online ke komputer lain, sehingga sistem
operasi dapat dikatakan menjadi multi user (banyak digunakan oleh user
sekaligus).
Sementara untuk multi programing (atau
melayani banyak program dalam satu waktu).
Sehingga bisa kita tarik kesimpulan
jika generasi ini OS telah mendukung adanya layanan Multi-Programming,
Multi-User serta Batch Proccessing System (Multi-Task).
4. Generasi ke-empat (1980an – pasca 1980an).
Seperti yang telah kita ketahui, sistem
operasi dimanfaatkan untuk penunjang jaringan komputer. Yang mana user atau
pengguna menyadari keberadaan komputer – komputer yang saling terkoneksi satu
sama lain.
Pada generasi keempat ini telah
diperkenalkan adanya Graphical User Interface yang disingkat sebagai GUI.
Hal itu berarti OS sudah mempunyai
tampilan yang sudah bermodalkan mouse. Dimana End-User bisa menjalankan
aplikasi/ software/ program.
5. Generasi “Selanjutnya”
Di generasi selanjutnya sudah
diperkenalkan yang namanya Sistem di dalam suatu Sistem Operasi, serta telah
ada suatu uSistem Operasi yang bergerak (Mobile) yang bekerja pada perangkat
bergerak seperti : PDA, Poket PC, atau yang lainnya.
Di generasi ini juga telah
diperkenalkan teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual. Sehingga
dalam suatu jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi dalam device yang
fungsinya menjadi Server.
Serta juga telah diperkenalkan adanya
Cross Platform Operating System yang berarti bisa menggabungkan 2 Sistem
Operasi yang berbeda sekaligus seperti: Linux dengan Windows.
v KOMPONEN SISTEM OPERASI
Sistem
operasi juga memiliki beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut terbagi
atas 8 komponen, yaitu
·
Managemen Proses.
Sistem operasi juga sangat bertanggung jawab pada kegiatan maupun
aktivitas yang berkaitan erat dengan manajemen proses, contohnya yaitu :
Ø Menunda maupun melanjutkan suatu
proses.
Ø Menyediakan mekanisme yang dibutuhkan
untuk proses dari sinkronisasi.
Ø Menyediakan mekanisme yang dibutuhkan
untuk proses dari komunikasi.
Ø Menyediakan mekanisme yang dibutuhkan
untuk proses penanganan pada deadlock.
·
Managemen Memori Utama.
Sistem operasi juga dapat bertanggung jawab pada aktivitas yang
berkaitan dengan manajemen memori, contohnya yaitu :
Ø Dapat memilih program yang hendak di
load ke dalam memori.
Ø Dapat mengalokasikan dan juga
mengdealokasikan ruang memorinya yang disesuaikan degan kebutuhan.
Ø Dapat menjaga track dari memori yang
tengah digunakan dan siapapun yang dapat menggunakannya
·
Managemen
Secondary-Storage.
Data yang sudah disimpan kedalam
memori utama memiliki sifat yang sementara dan juga jumlahnya dangatlah kecil.
Maka dari itu, Untuk dapat menyimpan seluruh data dan juga program yang ada di
komputer sangat dibutuhkan secondary-storage seperti harddisk untuk dapat
menampung banyaknya data.
Sistem operasi juga akan
bertanggungjawab pada aktivitas yang berkaitan erat dengan disk managemen.
Contohnya seperti alokasi penyimpanan, penjadwalan disk, dan juga free-space
management.
·
Managemen Sistem I/O
Komponen pada manajemen sistem I/O
ini yaitu :
Ø Spooling, hal ini dapat melakukan
penjadwalan dari pemakaian sistem input maupun output agar dapat lebih efisien
dan juga efektif.
Ø Buffer, hal ini dapat menampung
sementara sejumlah data dari dan juga ke dalam
perangkat input maupun output.
Ø Menyediakan suatu driver yang bisa
melakukan operasi yang rinci untuk suatu hardware I/O tertentu
·
Managemen Berkas
sistem operasi dapat bertanggung
jawab pada hal di bawah ini :
Ø Pembuatan dan juga penghapusan suatu
direktori.
Ø Dapat memerakan berkas ke dalam
secondary storage.
Ø Pembuatan dan juga penghapusan suatu
berkas.
Ø Dapat membackup berkas ke dalam media penyimpanan yang non volatile.
Ø Dapat mendukung manipulasi suatu
direktori dan juga berkas.
·
Sistem Proteksi
Sistem proteksi dapat mengacu pada
suatu mekanisme yang dapat mengontrol akses yang bisa dilakukan oleh processor,
program, maupun pengguna ke dalam sistem sumber daya. Tetapi mekanisme proteksi
juga wajib untuk :
Ø Dapat menentukan kontrol yang akan
dilakukan.
Ø dapat menyediakan sarana penegakan
pelaksanaan.
Ø Dapat membedakan antara penggunaan
yang telah diberikan izin dan juga yang belum.
·
Jaringan
Setiap processor memiliki memorinya
sendiri. Processor tersebut juga telah tersambung melalui jaringan komunikasi.
Sistem yang terdistribusi dapat menyediakan akses dari pengguna kepada
bermacam-macam sumper daya sistemnya
·
Command-Interpreter system
Suatu sistem operasi akan menunggu
instruksi dari command driven atau pengguna.
Command Interpreter System ini juga
memiliki banyak sekali variasi dari suatu sistem operasi ke sistem operasi yang
lainnya dan dapa disesuaikan dengan teknologi input dan output device yang
tersedia juga tujuannya. Contohnya yaitu seperti Pen-based (touch, CLI,
Windows, dan lain sebagainya.
v SRUKTUR SISTEM OPERASI
Terdapat 6 struktur dasar yang digunakan
untuk membuat atau mengembangkan Sistem Operasi, yaitu:
1. Monolithic System (Sistem
monolitik)
Contoh sistem operasi
§ MS-DOS merupakan sistem
operasi yang menyediakan fungsional dalam ruang yang sedikit sehingga tidak
dibagi menjadi beberapa modul
§ UNIX menggunakan struktur
monolitik dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedur lain di sistem
bila diperlukan dan kernel berisi semua layanan yang disediakan sistem operasi
untuk pengguna.
2
Sistem Berlapis
Sistem Operasi yang di bentuk secara
hierarki berdasar lapisan-lapisan, dimana lapisan bawah memberi layanan
terhadap lapisan diatasnya
Lapisan yang paling bawah adalah perangkat
keras, danyang paling tertinggi adalah user-interface. Tiap lapisan mempunyai
fungsional dan antarmuka masukan-keluaran antara dua lapisan bersebelahan yang
terdefinisi bagus.
Lapis-lapis dalam sistem berlapis ada 6,
yaitu :
Lapisan
Nama
5 > The operator
4 > User programs
3 > I/O management
2 > Operator
1 > perangkat
0 > communication Memory and Drum
management Processor Allocation and Multiprogramming
Fungsi :
-
Lapis 5 → pemakai operator
-
Lapis 4 → Aplikasi program
pemakai
-
Lapis 3 → menyederhanakan akses
I/O pada level atas
-
Lapis 2 → mengatur komunikasi
antar proses
-
Lapis 1 → mengatur alokasi ruang memori atau drum magnetic
-
Lapis 0 → mengatur alokasi
pemroses dan switching, multiprogramming dan pengaturan prosessor
· Contoh Sistem Operasi : THE yang dibuat
oleh Djikstra dan mahasiswa-mahasiswanya, serta sistem operasi MULTICS
3. Microkernels
Metode struktur ini adalah menghilangkan
komponen-komponen yang tidak diperlukan oleh kernel dan mengimplementasikannya
sebagai sistem dan program-program level userFungsi utama dari jenis ini adalah
menyediakan fasilitas komunikasi antara program client dan bermacam pelayanan
yang berjalan pada ruang user
Contoh sistem operasi : TRU64 UNIX,
MacOSX, dan QNX
4. Sistem Mesin Maya ( Virtual Machine)
Sistem operasi yang melakukan simulasi
mesin nyata yang memberikan fleksibilitas tinggi dan memungkinkan sistem
operasi yang berbeda dapat dijalankan pada mesin komputer tersebut atau dapat
juga disebut Operating System Emulator.Mesin maya mempunyai sistem timesharing
yang berfungsi untuk menyediakan kemampuan untuk multiprograming dan perluasan
mesin dengan antarmuka yang lebih mudah.
Contoh sistem operasi : windows NT, Linux
dengan DOSEMU
5. Sistem Client-Server
(Client-Server Model)
Sistem operasi yang dibagi fungsinya
menjadi proses yang menyediakan layanan (server) dan proses yang memerlukan
atau meminta layanan (client) didalam memproses data.Proses client yang
memerlukan layanan mengirim pesan ke server dan menanti pesan jawaban. Proses server setelah melakukan
tugas yang diminta, mengirim hasil dalam bentuk pesan jawaban ke proses client.
Server hanya menanggapi permintaan client dan tidak memulai dengan percakapan
client.
Conto sistem operasi : windows 2000
server, Linux
6. Sistem Berorientasi Objek
Sistem operasi ini merealisasikan layanan
sebagai kumpulan proses dan terstruktur serta memisahkan layanan yang
disediakan dan implementasinya
Pada sistem yang berorientasi objek,
layanan diimplementasikan sebagai kumpulan objek.Tiap objek diberi tipe yang
menandai di properti objek seperti proses, direktori, berkas dan sebagainya
Contoh sistem operasi : Amoeba, Eden,
X-Kernel, windows NT
v ISTILAH DALAM SISTEM
OPERASI
Beberapa istilah yang muncul dalam sistem
operasi.
BATCH PROCESSING SYSTEM
Adalah pekerjaan, proses yang dikerjakan
dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara bersamaan
CROSS PLATFORM OPERATING
SYSTEM/MULTIBOOT SYSTEM
Adalah karakteristik dari sistem operasi
yang dapat bekerja secara bersama-sama dengan sistem operasi lainnya dan dapat
menggabungkan dua atau lebih sistem yang berbeda platformnya
DISTRIBUTED COMPUTER/KOMPUTER
TERDISTRIBUSI
Adalah sistem komputer berskala besar dan
mempunyai performa tinggi dimana sistem pengelolaan, pengolahan tidak lagi
berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai
kinerja yang lebih baik
GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)
Adalah antarmuka untuk manusia dan
komputer yang berbasis grafis sehingga sangat nyaman dan mudah untuk
digunakan/dioperasikan
MULTI USER
Adalah karakteristik dari suatu sistem
yang dapat digunakan, dimanfaatkan/diakses oleh banyak pengguna dalam satu
waktu sekaligus
MULTI PROGRAMMING
Adalah karakteristik suatu sistem yang
dapat melayani banyak program aplikasi dalam satu waktu sekaligus
MULTI TASKING/BATCH PROCESSING SYSTEM
Adalah karakteristik suatu sistem yang
dapat melayani banyak tugas dan pekerjaan dalam satu waktu
OPERATING SYSTEM
Adalah perangkat lunak yang bertugas untuk
mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan untuk pemakai
dalam penggunaan komputer
VIRTUALIZATION SYSTEM
Adalah satu komputer dapat di
Clonning/diperbanyak secara virtual menjadi lebih dari satu komputer dan dapat
bekerjasama secara sinergi
MICROSOFT CORPORATION
Adalah sebuah perusahaan multinasional
Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat
yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan
jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul
Allen pada tanggal 4 April 1975
MICROSOFT WINDOWS
Merupakan sistem operasi yang dibuat dan
dikembangkan oleh microsoft coorperation
LINUX
Merupakan salah satu jenis sistem operasi
yang berbasi open source
DEBIAN
Merupakan salah satu varian sistem operasi berbasi linux
SOFTWARE REPOSITORY
Adalah lokasi penyimpanan paket software
yang dapat diambil/diunduh untuk diinstal pada komputer
COMPUTER HARDWARE
Adalah semua perangkat/komponen fisik
komputer yang bisa dipegang dan bisa dilihat
COMPUTER SOFTWARE
Adalah set-set instruksi yang dapat dibaca
oleh mesin yang mengarahkan prosesor komputer untuk melakukan operasi tertentu
FIRMWARE
Adalah perangkat lunak yang berisi kode
program dan kombinasi persitent memory (metode atau alat untuk menyimpan
struktur data) yang ditanam pada sebuah perangkat keras
UTILITIES
Adalah software yang dirancang untuk
membantu, menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan sistem kerja perangkat
keras, perangkat lunak dan media simpan komputer saat beroperasi
APPLICATION SOFTWARE
Seperangkat program yang dirancang dan
bekerja sama dengan system software
untuk melaksanakan aplikasi tertentu
-END-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar